Perangkat Lunak (Software)


Tugas Mata Kulah : Sistem Informasi Manajemen
Dosen Pengampu : Dr. Agung Hirmantono, SE. M.Ak.


Kali ini kita akan membahas tentang salah satu bagian penting dari komputer yaitu perangkat lunak atau software.
Kalian tahu tidak apa itu software???
Perangkat Lunak atau software adalah komponen dari sebuah komputer yang berbentuk format data, program, dan file digital yang bisa dipasang, di baca, serta digunakan di dalam komputer. Atau lebih singkatnya komponen atau bagian komputer yang berbentuk file digital.
Berbicara tentang perangkat lunak atau software ini, ternyata banyak sekali jenis dan macamnya teman-teman. Untuk itu mari kita bahas satu per satu.

1. Perangkat Lunak Sistem Operasi
   
Perangkat lunak sistem operasi adalah sistem yang utama di dalam komputer. Seperti yang kita kenal dengan Windows, Linux, Ubuntu, Macintosh, dan masih banyak yang lainnya. Fungsi perangkat lunak sistem operasi ini adalah sebagai dasar dan penghubung antara perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak (software) yang akan menjalankan fungsinya. Jadi  perangkat lunak sistem operasi ini software inti yang harus dipasang pertama kali sebelum jenis-jenis perangkat lunak lain.

2. Perangkat Lunak Driver (Pengendali)



Perangkat lunak driver atau pengendali adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengendali komponen atau perangkat keras yang dipasang pada komputer. Contohnya seperti Sound Card yaitu perangkat yang bertanggung jawab untuk mengatur keluar dan masuknya suara di komputer, dan lain sebagainya.

3. Perangkat Lunak Aplikasi


Perangkat lunak aplikasi adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi selain sebagai sistem operasi dan pengendali. Fungsinya sangat bermacam-macam sesuai tergantung  dari jenisnya. Seperti :
  • Perangkat Lunak Perkantoran

Perangkat lunak perkantoran merupakan perangkat lunak yang didesign khusus untuk digunakan dalam kegiatan perkantoran. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk membuat berbagai macam kebutuhan administrasi, surat-menurat, laporan, dan kepentingan lainnya. Contoh aplikasi seperti Microsoft Office yang di dalamnya terdapat Microsoft Word (pengolah kata), Microsoft Excel (pengolah angka), dan lain sebagainya.
  • Perangkat Lunak Multimedia 

Yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk kebutuhan entertainment seperti memutar file video, merekam suara, mengedit gambar, mengakses internet, dan juga beberapa perangkat game. Contoh perangkat lunak multimedia:

Perangkat Lunak Pemutar Audio & Video, contohnya Windows media Player.
Perangkat Lunak Pengolah Gambar, contohnya : Paint atau yang lebih kompleks seperti Correl Draw
Perangkat Lunak Internet, contohnya Google Chrome ata Mozilla Firefox
Perangkat lunak game


  • Perangkat Lunak Perusak

Perangkat lunak perusak adalah aplikasi atau perangkat lunak yang dibuat dengan sengaja untuk merusak atau mengganggu sistem operasi komputer agar mengalami error.
  • Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak ini dibuat dengan sengaja untuk membasmi virus-virus yang menjangkit komputer. Tidak hanya manusia, komputer juga rentan  terkena virus. Sumber virus biasanya berasal dari internet, maka kita harus berhati-hati. Antivirus yang biasa digunakan pada komputer seperti Smadav, Avira, Avast, dan lain sebagainya.
  • Perangkat Lunak Maintenance


Perangkat lunak maintenance adalah perangkat lunak yang didesign khusus untuk perawatan komputer. Fungsi dan peran perangkat ini adalah mengontrol dan mengecek  kondisi komputer dari dalam. Contoh perangkat maintenance yaitu TuneUp, CCleaner, dan banyak lainnya.

Sekian pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfat ya teman-teman๐Ÿ˜„










Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer